11 Agu 2013

Membeli Domain dan Menyewa Hosting

Apa itu domain dan apa itu hosting ?

Domain merupakan nama alamat sebuah website di internet, contoh : www.mitraberlian.com .  Seperti sebuah rumah, maka setiap orang jauh yang ingin berkunjung harus mengetahui alamat jelas rumah tersebut. Bila tidak mengetahui alamat dengan jelas, maka akan kesasar ke alamat lain.

Sedangkan hosting atau webhosting merupakan server tempat menyimpan domain beserta seluruh isinya.  Isi hosting dapat berupa : file/script, tulisan, gambar, photo, ataupun video. Sehingga domain tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca, dilihat, dan didengar oleh para pengunjungnya.

Untuk mempunyai domain/nama website serta untuk menyewa webhosting, anda dapat membeli domain dan menyewa webhosting pada beberapa perusahaan yang menyediakan hal tersebut.  Silahkan anda cari di Google Search dengan kata kunci " domain hosting indonesia ".

Bukan saya merekomendasikan, tapi di bawah ini merupakan perusahaan tempat saya membeli domain dan sekaligus menyewa webhostingnya. Silahkan anda lihat dan pilih sendiri :

http://dapurhosting.com/
http://www.rumahweb.com/
http://www.masterweb.com/

Di bawah ini merupakan panduan untuk membeli domain di  dapurhosting.com. Panduan ini tidak jauh berbeda dengan cara membeli di perusahaan yang lain.

1. Silahkan klik www.dapurhosting .com (yang di atas).


2. Klik HOSTING,  pilih : Hosting Ekonomi/Murah


3. Pilih Paket  A - kemudian klik Order


4.  Isilah nama domain yang anda inginkan.


5. contoh : rencana saya membeli  bisnis.com


6. Ternyata www. bisnis.com  telah ada :
kemudian saya memilih www. tokoserbuan. com



7. Ternyata www.tokoserbuan. com masih tersedia :


8.  Selanjutnya menambahkan belanja domain (add cart).


9. Selanjutnya update belanjaan anda :


10. Ini merupakan konfirmasi pesanan domain dan hosting,
bila setuju, klik " checkout "


11.  Sebelum anda ke luar, isilah data di bawah ini :


12.  Selanjutnya klik " complete Order "


13.  SELESAI ....  SUDAH.

===============================

Selanjutnya anda tinggal mentransfer sejumlah uang sesuai orderan/pesanan tadi, ke rekening perusahaan. Setelah melakukan transfer, maka lakukan konfirmasi pembayaran kepada perusahaan tersebut, baik melalui : sms maupun chat internet. Konfirmasi ini sangat penting, karena untuk proses pengaktifan domain / website anda.

Sekian - Terima Kasih - Semoga bermanfa'at



Tidak ada komentar: